Tips Lengkap Mendaki Gunung Rinjani Yang Sangat Perlu Untuk Anda Ketahui

https://paketwisatalombok.co.id/wp-content/uploads/2019/02/jagalah-kebersihan.jpeg

Tips Mendaki Gunung Rinjani – Untuk anda yang suka traveling, mendaki gunung merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Ketika mendaki akan ada banyak momen serta pengalaman yang akan sulit untuk anda lupakan.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Terlebih lagi Indonesia memiliki banyak gunung baik yang masih aktif maupun tidak, yang juga wajib untuk anda coba.

Salah satu Gunung yang menjadi favorit di kalangan pendaki dan pecinta alam adalah Gunung Rinjani. Gunung yang terletak di Pulau Lombok ini menjadi favorit para pendaki disebabkan keindahan pemandangannya. Dengan ketinggian yang mencapai 3.76 mdpl, Gunung Rinjani mampu memikat ribuan orang rela jauh-jauh untuk menyapanya dan coba menaklukkannya.

Ada beberapa tips mendaki Gunung Rinjani yang harus anda ketahui dan wajib untuk anda taati ketika melakukan pendakian menuju puncaknya. Ini beberapa tips yang wajib anda ketahui.

• Ikuti Jalur Petunjuk Dan Patuhi Peraturan

Kalau anda sudah terbiasa dan sering mendaki gunung, tetap saja untuk tidak menyepelekan segala petunjuk dan peraturan yang ada disekitar kawasan. Gunung merupakan sebuah tempat persinggah sementara, yang memiliki peraturan dan petunjuk yang wajib untuk anda patuhi dan taati.

Mengikuti segala petunjuk dan peraturan baik yang tidak tertulis maupun tertulis merupakan untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama. Dengan peraturan dan petunjuk ini tidak mungkin mencelakakan para pengunjungnya.

Selain itu, Gunung Rinjani juga menyimpan karakter berbeda dari gunung – gunung lainnya, medan yang ditawarkan lebih curam dan terjal, jadi harus ekstra berhati-hati. Gunung Rinjani ini mempunyai medan berupa sabana, stepa, hutan tropis dan sebagainya, akan tetapi tidak memiliki medan yang memiliki salju.

Banyak medan yang akan anda lewati mulai dari, Sabana, stepa, hutan tropis, padang rumput, pasir, dan tebing ada, sangat lengkap. Hal ini tetap membuat kita harus lebih berhati-hati, dan jangan memaksakan diri kalau lelah, disarankan untuk beristirahat saja.

• Memepersiapkan Fisik Yang Kuat

Pada saat hiking para pendaki diwajibkkan untuk berjalan jauh, ditambah lagi dengan beban yang cukup berat di punggung. Sebelum melakukan perjalanan mendaki, ada baiknya untuk melakukan olahraga ringan beberapa minggu sebelum hari memulai pendakian, mengonsumsi buah dan sayur akan membantu menguatkan fisik anda, serta selalu jaga kesehatan

Selama perjalanan mendaki anda akan berjalan puluhan kilometer yang akan banyak menguras tenaga anda. jika begini, disarankan untuk beristirahat bersama team atau teman anda, dan juga jangan memaksakan diri jika anda sudah tidak sanggup lagi.

Jika anda memaksakan dan menuruti ego untuk tetap mendaki, ini akan menyusahkan dan membuat banyak orang khawatir kepada anda, apalagi sempat terjadi sesuati yang tidak diinginkan kepada anda.

• Tetap Menjaga Kebersihan

Ada hal yang tidak kalah penting dan tetap diikuti oleh semua pendaki saat berkunjung ke Gunung Rinjani, yaitu tetap menjaga kebersihan. Bawa kembali sampah sampah yang telah anda hasilkan dari bekas makanan ataupun jajanan anda, jangan coba untuk membuang sampah sembarangan di sekitar kawasan Gunung Rinjani.

Sampah merupakan maslaah utama yang ada disetiap tempat wisata, juga termasuk terjadi di Gunung Rinjani. Untuk itu, ada baiknya pada saat mendaki Gunung disarankan untuk anda membawa trash bag untuk menaruh semua sampah yang anda hasilkan, siapa lagi kalau bukan kita yang menjaga kelestarian dan kebersihan alam.

Jika anda keberatan untuk membawa trash bag, terdapat tempat sampah yang telah disediakan di beberapa pos, buanglah sampah anda disana. Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama.

Tips Lengkap Mendaki Gunung Rinjani Yang Sangat Perlu Untuk Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas