Mengenali Lebih Dalam Jalur Trekking Gunung Rinjani

https://paketwisatalombok.co.id/wp-content/uploads/2019/02/jalur-senaru-1.jpg

Trekking Gunung Rinjani – kalau anda belum pernah mencoba trekking di gunung api tertinggi kedua di Indonesia ini yaitu Gunung Rinjani dan ingin sekali pergi kesana, sebaiknya lakukan persiapan yang benar – benar matang. Untuk itu mempersiapkan fisik maupun logistik menjadi yang utama.

Namun pengetahuan mengenai jalur-jalur trekking yang benar juga tidak kalah penting, untuk bisa sampai ke puncak Rinjani yang menjadi tujuan utama anda.

Terdapat beberapa jalur resmi dan utama yang memang sering di gunakan pendaki ataupun di Gunung Rinjani. Jalur-jalur ini dibuat dengan tujuan memudahkan para pendaki dan mengurangi berbagai resiko pendakian. Inilah beberapa jalur trekking resmi di Rinjani yang penting untuk anda ketahui:

• Jalur Sembalun

Jalur Sembalun ini termasuk jalur trekking yang ramai dijalani oleh para pendaki. Rute yang akan dlewati adalah gerbang Sembalun Lawang – Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani dengan waktu tempuh sekitar 9 – 10 jam. Jalur ini akan membawa pengalaman menegangkan dengan padang savana dan punggung gunung berhiaskan jurang di kiri dan kanan jalur.

Jalur Sembalun memliki rute yang tidak terlalu curam, tetapi karena dipadu oleh padang savana, membuat anda melakukan perjalanan di bawah terik matahari yang menyengat. Namun semuanya akan terbayar oleh keindahan pemandangan Gunung Rinjani mulai dari padang dan hutan yang luas.

Anda akan menyaksikan hijaunya pemandangan lembah-lembah yang berada disebelah timur Gunung Rinjani, dan dimanjakan oleh cantiknya panorama Selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan.

Sesampainya di Puncak Rinjani, anda akan merasakan puas dengan pemandangan yang disuguhkannya. Semua letih terbayarkan dengan beristirahat sambil menikmati pemandangan menakjubkan Gunung Rinjani, dan juga merasakan sensasi kebanggan tersendiri karena telah menaklukkan salah satu Gunung dari gunung-gunung tertinggi di Indonesia, ini lah hal yang diimpikan oleh para pendaki.

• Jalur Torean

Jalur Torean merupakan jalur pendakian ekstrim yang ada di Gunung Rinjani dan tidak cocok untuk pendaki pemula. Seperti apa yang ada pada hukum alam yang berlaku, semakin sulit segala sesuatu dilakukan, maka semakin memuaskan hasil yang akan didapat.

Perlu anda ketahui, kalau Jalur Torean menyimpan pesona yang sulit ditandingi. Jika ingin merasakan pemandangan uniknya, anda bisa memilih dua jalur yang berbeda, dengan naik melalui Sembalun dan turun melalui Torean.

Dengan melakukan pendakian melalui sembalun, anda akan lebih mudah untuk mencapai puncak Rinjani. Dan pada saat turun melaui jalur Torean, anda bisa menikmati keindahan alam yang berbeda pula.

Banyak keuntungan yang akan anda dapat jika memilih turun melalui Torean yaitu trek-nya lebih pendek dan lebih banyak jalan menurun. Namun, anda harus tetap berhati-hati, sebab jalur ini mempunyai tiga jurang yang sangat curam, dan belum ada pengamannya.

Selama di perjalanan, anda akan menikmati indahnya pemandangan Gunung Rinjani, Sangkareang, dan Waja. Yang membuat matam anda seakan dimanjakan oleh keindahan pemandangan Kokoq Puteq yang tampak dari atas bukit.

Disamping itu, terdapat ada empat gua yang dapat anda eksplorasi pada jalur ini yaitu Goa Susu, Manik, Payung, dan Zam-zam. Dalam jalur ini juga terdapat banyak air terjun, ada lima air terjun yang bisa anda temui selama perjanan.

• Jalur Senaru

Jalur Senaru termasuk jalur pendakian paling ramai, sama seperti jalur sembalun. Jalur pendakian dengan rute yang tidak terlalu curam dan mudah dilalui sering dipakai sebagai wisata trekking, dan juga dipakai oleh masyarakat adat yang melakukan ritual adat dan keagamaan di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak.

Jalur Senaru memiliki ujung yaitu Danau Segara anak yang bisa anda singgahi, namun anda juga bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Puncak Gunung Rinjani melalui Pelawangan Sembalun yang memakan waktu sekitar 4 Jam dengan berjalan kaki. Untuk sampai ke Puncak Rinjani, dari Pelawangan Sembalun anda harus berjalan kaki selama 4 hingga 5 Jam.

Untuk melakukan pendakian ke puncak, sebaiknya anda mulai dari pukul 2 pagi, dengan tujuan agar anda bisa menyaksikan keindahan sunrise dari Puncak Rinjani dan mengabadikannya dengan berfoto. Jika beruntung pada saat cuaca cerah, anda juga bisa mendapatkan panorama menakjubkan seluruh Lombok hingga Bali, sungguh menakjubkan.

Mengenali Lebih Dalam Jalur Trekking Gunung Rinjani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas